asuransi smartphone

Manfaat Asuransi Smartphone yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Membuat asuransi atau mengasuransikan suatu benda adalah salah satu cara untuk menurunkan berbagai resiko yang kemungkinan dihadapi. Misalkan terjadinya kerusakan atau jika terjadi kehilangan terhadap suatu benda, maka bisa dilakukan klaim asuransinya. Salah satu pengajuan asuransi yang mulai banyak dilirik adalah asuransi smartphone.

Asuransi yang diperuntukkan bagi smartphone masuk dalam jenis asuransi gadget. Asuransi gadget biasanya mengcover banyak sekali jenis kerusakan. Bahkan, asuransi bisa dikatakan memberikan jaminan lebih dari garansi. Selain kerusakan, ada satu lagi yang dijamin dengan asuransi yakni penggantian unit baru.

Mengapa Smartphone Perlu Diasuransikan?

Smartphone adalah benda yang saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok manusia dan selalu dibawa kemanapun. Sebagai benda yang selalu dibawa setiap hari, smartphone tidak lepas dari berbagai resiko mulai dari kerusakan hingga kehilangan. Oleh karena itu, smartphone juga penting untuk diasuransikan. Berikut ini pentingnya asuransi smartphone:

1. Melindungi Smartphone dari Segala Bentuk Kerusakan

Meski segala bentuk kehati-hatian sudah diupayakan pemilik smartphone, terkadang masih ada saja kerusakan yang terjadi secara tidak sengaja. Mulai dari terjatuh, terbentur, hingga kerusakan yang membuat smartphone mati total. Jika smartphone diasuransikan, maka segala resiko tersebut bisa ditanggung oleh asuransi.

2. Mengurangi Biaya Servis

Ketika smartphone rusak, maka kebanyakan yang dilakukan adalah membawanya ke tukang servis atau klaim garansi pabrik. Namun, terkadang biaya servis cukup mahal atau mungkin garansi yang didapat tidak menyeluruh sehingga pemilik smartphone masih mengeluarkan biaya lagi. Di sinilah peran asuransi smartphone yang bisa menjamin biaya servis jika terjadi kerusakan.

Baca Juga: 3 Cara Menutup Asuransi Prudential

Manfaat Asuransi Smartphone

Sebanding dengan biaya yang dikeluarkan, asuransi untuk smartphone jelas memberikan manfaat besar pada pemilik smartphone. Terutama pada smartphone dengan harga yang fantastis dan memiliki spesifikasi yang luar biasa tentu perlu diasuransikan. Inilah manfaat yang akan didapatkan jika mengasuransikan smartphone tersebut:

1. Jaminan Perlindungan Layar

Bagian terpenting dalam smartphone adalah pada layarnya. Bagian ini yang mudah terbentur dan mudah tertekan oleh benda lain di sekitarnya. Jika terjadi kerusakan, segala aktifitas yang menggunakan smartphone akan terganggu karena semua perintah berjalan lewat layar. Ketika layar rusak juga membuat tampilan tidak sempurna lagi terlebih jika rusaknya pecah cukup parah.

Namun, hal ini tidak menjadi persoalan yang cukup berat ketika memiliki asuransi untuk smartphone. Manfaat asuransi untuk smartphone di antaranya bisa menjamin kerusakan pada layar. Mengingat, jika terjadi kerusakan layar biaya yang dikeluarkan cukup mahal. Jadi, jika sudah diasuransikan ketika terjadi kerusakan layar hanya tinggal klaim asuransinya saja.

2. Bisa Mengajukan Klaim untuk Servis

Selain kerusakan pada layar, bisa jadi terdapat problem lain yang mungkin saja terjadi pada smartphone. Misalnya rusak karena terjatuh, rusak karena terbentur, bahkan juga kerusakan yang berdampak mati total pada smartphone. Jika hal ini terjadi, tidak perlu pusing ketika smartphone sudah diasuransikan, lantaran hanya tinggal mengajukan klaim servis saja.

Bahkan asuransi tidak hanya bisa diklaim saat terjadi kerusakan smartphone yang sudah disebutkan tadi. Namun, juga untuk kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan pabrik pada unit baru. Misalkan ketika membeli smartphone baru lalu saat pertama dicoba terdapat gangguan. Maka masalah tersebut dapat dilakukan klaim asuransi, jika sejak awal pembelian barang sudah diasuransikan.

3. Memberi Jaminan Jika Terjadi Kehilangan

Satu lagi resiko yang tentu tidak diinginkan oleh pemilik smartphone yakni jika kehilangan smartphonenya. Jelasanya, resiko ini bisa saja terjadi, misalkan smartphone tidak sengaja ketinggalan di suatu tempat atau mengalami pencurian smartphone. Baiknya, jika hal tersebut terjadi pada smartphone yang sudah diasuransikan, maka bisa diganti dengan yang baru.

Baca Juga: 5 Asuransi dengan Gaji Pas Pasan yang Murah dan Terjangkau

Itulah manfaat yang bisa didapatkan dari asuransi smartphone. Sebagian besar orang terkadang masih menyepelekannya karena beranggapan masih ada garansi. Namun perlu dipahami, garansi tidak bisa mengcover seluruh kerusakan. Jadi, memilih untuk mengasuransikan smartphone sekarang, merupakan tindakan yang paling tepat!